Hitungan Simpel di Balik CPM serta CPC
Aku mengucapkan terima kasih kepada sahabat yang menanyakan bermacam perihal kepada aku, baik lewat Facebook, email ataupun dari komentar- komentarnya di web ini, sebab banyak dari pertanyaan- pertanyaan mereka aku memperoleh ide buat menulis postingan.
Salah satu dari perihal yang kerap pula ditanyakan kepada aku merupakan tentang penafsiran istilah- istilah yang digunakan program periklanan misalnya Google Adsense. Di antara lain merupakan penafsiran CPM serta CPC. Serta kali ini aku coba menarangkan, bukan cuma penafsiran dari sebutan itu, tetapi pula berupaya membicarakan tentang rumus serta hitungan di balik sebutan tersebut. Selaku blogger yang akrab dengan dunia periklanan pasti saja kita dituntut lebih menguasai hal- hal yang berkaitan dengan internet advertising.
Ayo kita bahas satu- satu:
Rumus CPM
CPM merupakan kependekan dari Cost per Mille. Mille sendiri berasal dari Bahasa Latin yang berarti seribu, jadi CPM bila diterjemahkan jadi bayar per seribu. Dalam perihal periklanan ini berarti pengiklan hendak membayar per 1000 impresi( ataupun biasa pula diucap page view ataupun tampilan taman) dari tiap unit iklan yang ditampilkan di web/ web kita. Ini merupakan salah satu tata cara yang sangat banyak digunakan dalam dunia periklanan internet. Besaran nilai dari CPM berkisar dari mulai$0, 1-$25 ataupun lebih, bergantung dari dimensi, penempatan serta nilai web/ blognya sendiri.
Ayo ambil suatu contoh. Misalkan Kamu menjajaki program jaringan periklanan yang menawarkan iklan dengan nilai$5 CPM buat suatu banner berdimensi 300x250 buat ditampilkan di bagian atas web/ web Kamu. Setelah itu Kamu memasangnya di web Kamu serta memperoleh 100. 000 page view dalam sebulan, hingga Kamu hendak memperoleh bayaran sebesar$5 x 120. 000/ 1. 000. Rumusnya:
Pemasukan= CPM x( total impresi/ 1. 000)
Yang butuh diingat merupakan, kita wajib membagi total siaran taman dengan 1. 000, sebab harga CPM merupakan berdasar per 1. 000 siaran taman. Jadi dalam contoh di atas, mudahnya merupakan$5 x 100=$500.
Saat ini ayo kita balik rumus tersebut. Andaikan Kamu menawarkan ruang 125x125 buat sidebar web Kamu, serta Kamu menetapkan harga senantiasa sebesar$100 per bulan. Web Kamu sendiri mempunyai page view sebanyak 100. 000 kali per bulan. Serta pada sesuatu hari, terdapat seseorang advertiser( yang tertarik memasang iklan di web Kamu), menanyakan berapa CPM buat ruang yang Kamu tawarkan. Gimana Kamu membagikan jawaban?
CPM= harga yang diresmikan/( total impresi/ 1. 000)
Simpel. Kamu tinggal membagi harga yang Kamu tetapkan($100) dengan total impresi dalam ribuan( 100), sehingga$100/ 100, jadi harga efisien buat ruang iklan 125x125 di sidebar web Kamu senilai$1.
Rumus CPC
CPC merupakan kependekan dari Cost per Click, bila diterjemahkan jadi Bayar per Klik( BPK). Ini pula salah satu model periklanan yang sangat terkenal serta sangat banyak digunakan. Program periklanan misalnya Google Adwords/ Adsense pula memakai model ini. Dalam model periklanan CPC, pemasang iklan hendak membayar beberapa nilai duit buat tiap klik yang diterima dari publisher. Nilainya bermacam- macam, antara$0, 1-$50 ataupun lebih, bergantung dari niche, kompetisi keyword, serta darimana klik tersebut berasal. Buat mengenali lebih lanjut menimpa sistem yang digunakan oleh Adsense, misalnya, silakan baca postingan aku lebih dahulu, memahami penetapan harga cerdik oleh Adsense.
Kita kembali ke CPC, rumusnya sangat- sangat simpel:
Pemasukan= CPC x jumlah klik
Bila rata nilai CPC buat web Kamu sebesar$0, 1 serta Kamu memperoleh sebanyak 1000 klik per bulan, hingga pemasukan Kamu sebesar$0, 1 x 1000=$100.
Saat ini, ayo kita balik semacam contoh buat CPM. Andaikan Kamu menawarkan ruang 728x90( leaderboard) di header web Kamu senilai$500 serta umumnya rata- rata ruang tersebut memperoleh sebanyak 2. 500 klik per bulan. Sesuatu hari terdapat seseorang advertiser menawar ruang tersebut serta menanyakan berapa harga rata- rata CPC web Kamu? Kembali ke rumus:
CPC= harga senantiasa per bulan/ jumlah banyaknya klik
Sekali lagi, yang wajib diingat merupakan cost per click ataupun bayar per klik, jadi Kamu tinggal membagi harga yang diresmikan dengan jumlah rata- rata klik per bulan. Sehingga hitungannya$500/ 2. 500=$0, 2 jadi nilai rata CPC- nya sebesar$0, 2.
Tidak hanya 2 model di atas, masih terdapat lagi model yang lain, semacam CPA( Cost per Action), CPL( Cost per Lead) serta CPS( Cost per Sale) yang kesemuanya itu sangat mirip dengan perhitungan CPC. Insya Allah sesuatu hari aku pula hendak membahas tentang model periklanan tersebut.
Mudah- mudahan sehabis membaca postingan ini, kita jadi lebih mengerti dengan sebutan serta perhitungan di balik model periklanan yang tiap hari kita geluti. Berhasil senantiasa buat kita semua.
Belum ada Komentar untuk "Hitungan Simpel di Balik CPM serta CPC"
Posting Komentar